Sabtu, 26 November 2016

Materi Lebih Lanjut tentang Bahasa Pemrograman

  Tidak ada komentar
Di era sekarang dimana teknologi sudah berkembang pesat, computer sudah bukan merupakan barang mahal dan berada dimana-mana. Untuk menghadapai pesatnya perkembangan teknologi ini, manusia mau tidak mau harus mempelajari ilmu computer yang salah satunya programming.

Sumber : smarterware.org


Apa itu programming? Programming adalah kegiatan menulis perintah-perintah atau instruksi kepada computer untuk melakukan tugas tertentu sesuai keinginan kita. Tentu saja menulis perintah ini tidak bisa kita lakukan dengan bahasa manusia yang dimana computer tidak bisa mengerti. Oleh karena itu digunakan bahasa pemrograman dan berikut kita akan membahasnya secara detail.

Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman atau programming language adalah bahasa yang dugunakan untuk memberi intruksi-instruksi kepada komputer untuk melakukan apa yang kita inginkan. Sudah terdapat lebih dari 50 bahasa permograman didunia ini dan yang paling popular adalah Java, C++, Python, PHP dan SQL. Ada beberapa hal-hal yang diketahui mengenai bahasa pemograman seperti berikut.
1.      Algoritma
Merupakan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang logis dan sistematis. Komputer merupakan mesin yang memiliki perbandingan logika di CPU-nya sehingga kita perlu memberikan perintah yang logis dan sistematis untuk computer kerjakan.
2.      Sintak
Sintak merupakan ketentuan bahasa pemrograman yang digunakan untuk memberi intruksi kepada computer. Setiap bahasa pemrograman memliki sintak yang berbeda-beda dalam melakukan pemrograman. Contohnya untuk mencetak kalimat di monitor, di PHP kita menggunakan echo sedangkan di Python kita menggunakan print.
3.      Interpreter/Pustaka
Interpreter merupakan source code yang sudah disediakan oleh bahasa pemrograman yang kita install dan dapat digunakan di dalam pemrograman sehingga memudahkan dan mempercepat kerja programmer.
4.      OS dan IDE
Saat menggunakan computer, maka kita perlu sebuah Sistem Operasi (OS) sebagai jembatan antara kita dengan Hardware sehinnga memungkinkan kita mengakses dan melakukan banyak hal dengan computer seperti programming. Dalam dunia pemrograman, kita juga disediakan set tool lengkap yang mendukung kegiatan programming sesuai dengan bahasa pemrograman yang kita pakai yang disebut IDE.

Model Pemrograman
1.      Struktural
Pemrograman model structural adalah model pemrograman dimana kita membagi intruksi-instruksi menjadi sebuah fungsi-fungsi dan prosedur-prosedur.
Contohnya : C dan PASCAL
2.      OOP (Object Oriented Programming)
Pemrograman model OOP adalah model pemrograman dimana kita memandang segala sesuatu sebagai objek diamana intruksi-instruksi dibagi menjadi beberapa kelas-kelas dan dari kelas tersebut dapat dibentuk instance untuk dijalankan.
Contohnya : Java, C++, Python dan PHP

Tingkat Bahasa Pemrograman
1.      Tinggi
Bahasa Pemrograman tingkat adalah bahasa pemrograman dimana sintak-sintak dapat dimengerti dan dekat dengan bahasa manusia.
Contohnya: C, Java, Python dan lain-lain.
2.      Rendah
Bahasa Pemrograman rendah adalah bahasa pemrograman dimana sintak-sintak tidak dapat dimengerti oleh manusia dan dekat dengan bahasa mesin.
Contohnya: Asembly dan Brainfuck.

Peran Pemrograman
1.      Jaringan Komputer
Pemrograman digunakan untuk membuat soket dan aplikasi-aplikasi untuk menyambung 2 atau lebih computer untuk saling membagi data satu sama lain.
2.      Database
Untuk mengolah dan memanipulasi data-data diperlukan bahasa pemrograman yang disebut dengan SQL dan telah dibuatkan banyak aplikasi-aplikasi untuk memudahkan Database Management.
3.      Internet of Thing
Internet of Thing adalah dimana barang-barang disekitar kita saling terkoneksi layaknya seperti internet. Contohnya Kulkas Pintar, Pintu yang terbuka otomatis dan Mobil yang dapat mengemudi sendiri. Maka diperlukan programming untuk melakukannya.
4.      Parallel Computing
Parallel Computing adalah dimana kita menggunakan beberapa computer-komputer yang biasa untuk melakukan proses computing yang berat dari pada menggunakan 1 komputer yang canggih.
5.      Bio Informatika, E-Health dan lain-lain
Pemrograman tidak selalu harus berkaitan dengan teknologi computer, bidang-bidang yang juga dapat mengimplementasikan pemrograman ini untuk mendukung bdang mereka. Seperti contohnya di bidang kesehatan, dibuatkan suatu program untuk menganalisa suatu golongan darah seseorang atau di bidang pertanian, dibuatkan suatu robot yang dapat menanam bibit secara otomatis dan masih banyak lagi.

Security
1.      Bug
Bug adalah istilah yang digunakan untuk menunjukan adanya kesalahan di suatu program yang ditulis oleh programmer itu sendiri yang membuat program tidak berjalan sesuai keinginan atau bahkan tidak jalan sama sekali.
2.      Buffer Overflow
Buffer Overflow adalah kondisi diamana kita menumpahkan data ke dalam proses buffering sehingga membuat program kita error. Seperti kita menumpahkan air dari ember ke dalam gelas yang kecil.

Tips Pemrograman
Belajar pemrograman dapat tergolong susah, sehingga kadang banyak orang menyerah dalam memahami dan belajar bahasa pemrograman. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips untuk belajar pemrograman.
1.      Pahami Algoritama karena tanpa langkah-langkah yang logis dan sistematis, computer tidak akan mengerti tujuan Anda walaupun Anda hafal betul dengan sintaknya.

2.      Kuasi Sintak karena walaupun algoritma yang Anda miliki itu sempurna, tetap sia-sia jika terdapat syntax error dimana Anda salah ketik atau tidak mengetahui sintak yang akan digunakan.

3.      Pahami model pemrograman, terserah Anda mau memilih model structural atau OOP yang petning Anda paham betul dengan modelnya sehinnga Anda tidak salah memasukan model structural kedalam bahasa pemrograman yang mendukung OOP atau sebaliknya.

4.      Terus berlatih, kemampuan pemrograman tidak bisa didapatkan secara instan oleh karena itu cobalah sering berlatih membuat program-program dari yang kecil dan sederhana sampai ke proyek besar.

5.      Aktif dalam pengembangan dan forum-forum juga dapat membantu Anda dalam proses memahami pemrograman dimana Anda dapat melakukan diskusi-diskusi dengan programmer-programmer yang sudah berpengalaman.

Demikian yang saya dapat sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar