Rabu, 23 November 2016

Fungsi dan Void Dalam Bahasa C

  3 komentar
Kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan void.

Fungsi
Fungsi adalah sekumpulan kode/perintah yang ditaruh dalam sebuah blok yang diberi nama dan mengembailkan sebuah nilai untuk tujuan tertentu.

Fungsi memudahkan kita untuk tidak mengulang membuat kode yang sama berulang kali.
Kita hanya perlu menaruh kode-kode tersebut dalam blok diluar fungsi main,menambahkan argument jika diperlukan kemudian menambahkan nama dan tipe dari blok tersebut. Setelah itu, kita hanya perlu memanggil nama dari fungsi yang kita buat dengan mengetik nama dari fungsi tersebut.


Contohnya sebagai berikut.


Penjelasan:
·        Kita mendeklarasikan sebuah fungsi bernama luas yang bertipe int yang berarti kita akan mengembalikan data yang berupa integer.
·        Tambahkan argument yang diperlukan untuk fungsi luas kita yaitu panjang dan lebar yang keduanya bertipe integer.
·        Karena sebuah fungsi harus mengembalikan nilai, kita harus mengisi sintak return. Kita membuat fungsi luas maka kita mengembalikan nilai luas yaitu panjang x lebar.
·        Kita memanggil nama dari fungsi tersebut di fungsi main kita dan memasukan nilai-nilai dari argument yang diperlukan.
·        Fungsi luas tadi akan mengembalikan nilai dari argument yang kita masukan tadi yaitu panjang x lebar kemudian memasukannya nilai tadi ke %d untuk di cetak ke layar.

Void/Procedure
Void/Procedure adalah sekumpulan kode/perintah yang ditaruh dalam sebuah blok yang diberi nama untuk tujuan tertentu.

Void/Procesure tidak jauh berbeda dengan fungsi namun kita tidak perlu mendeklarasikan apa tipe data dari void/procedure tersebut dan tidak perlu mengembalikan nilai.
Contohnya sebagai berikut.


Demikian postingan saya, semoga bermanfaat.

3 komentar :

  1. klo fungsi "Void" bisa kaya gini ga output nya?
    Masukkan nilai A .....
    Masukkan nilai B .....

    jadi Hasilnya .....

    mohon bantuannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. ini pakai IDE apa ya? soalnya warnanya bisa beda-beda gitu gimana caranya? kayak %d dan \n disitu warnanya beda sendiri

    BalasHapus