Minggu, 16 Oktober 2016

Fungsi IF Dalam Bahasa C

  Tidak ada komentar
Dalam postingan saya kali ini, kita akan membahas tentang fungsi IF di dalam bahasa C.

Di kehidupan sehari-hari, kita selalu membutuhkan sebuah kondisi jika ingin melakukan atau menyatakan sesuatu contohnya: “Jika aku lapar, maka aku akan makan” atau “Jika angkanya habis dibagi dua, angka tersebut genap”.
Komputer juga sama, jika kita ingin memberikan perintah tertentu maka kadang kita perlu sebuah kondisi. Maka dari itu, kita memerlukan IF, fungsi IF berfungsi untuk memberikan sebuah kondisi sebelum menjalankan perintah jika kondisi tersebut benar.
Contoh programnya sebagai berikut.



Penjelasan:
Karena kondisi 1 < 2 memang benar maka perintah-perintah yang berada di dalam kurung kurawa {} akan dijalankan, sebaliknya jika kondisi nya tidak benar maka perintah-perintah di dalam kurung kurawal {} tidak akan dijalankan. Cobalah untuk mengganti kondisinya dari 1 < 2 menjadi 1 > 2.

Namun, kadangkala kita mempunyai pilihan jika kondisi yang kita inginkan tidak terpenuhi. Contohnya: “Jika cuacanya cerah, maka aku akan jalan-jalan, jika tidak maka aku akan tetap di rumah”.  Dalam bahasa C, kita menggunakan ELSE untuk membuat perintah jika kondisi IF tidak terpenuhi.

Contohnya sebagai berikut.



Penjelasan:
Karena kondisi di IF tidak benar maka perintah-perintah di dalam kurung kurawal {} setelah ELSE akan dijalankan.

Kita juga dapat menyertakan IF di setelah ELSE untuk menyatakan kondisi jika ingin perintah-perinah di dalam ELSE ingin dijalankan.
Contohnya sebagai berikut.



Sekian postingan saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar