Rabu, 21 Februari 2018

Mengenal Sistem Operasi

  Tidak ada komentar

Nama Mata Kuliah      : Network Operating System
Nama Dosen               : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T
Jurusan                        : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                  : Universitas Udayana
Pertemuan                    : 1



Pernahkah teman-teman mendengar Sistem Operasi atau Operation System (OS)? Saya yakin teman-teman yang sudah bias dibilang sering memakai komputer tahu apa itu Sistem Operasi dan kebanyakan dari teman-teman menganggap bahwa Sistem Operasi itu adalah Windows. Tapi benarkah Sistem Operasi itu Windows? Secara teknik, Sistem Operasi itu bukanlah Windows namun Windows itu adalah Sistem Operasi? Jadi sebenarnya apa itu Sistem Operasi?

PENGERTIAN SISTEM OPERASI


Sistem Operasi terdiri dari dua kata yaitu Sistem dan Operasi. Sistem berarti adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan operasi berarti langkah-langkah atau tahapan untuk mencapai tujuan. Dari arti kedua kata tersebut, Sistem Operasi dapat secara sederhana dapat didefinisikan sebagai sistem operasi itu adalah terdiri dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama dengan langkah-langkah atau prosedur untuk mencapai tujuan. Menurut Willian Stalling, sistem operasi itu adalah program komputer (software) utama yang bertindak sebagai penghubung dan tatap muka antara hardware dengan software lainnya yang sekaligus mengontrol eksekusi program/software/aplikasi.

FUNGSI SISTEM OPERASI


Dari definisi yang diberikan oleh Willian Stalling, Sistem Operasi berfungsi sebagai perangkat lunak atau software yang bertanggunga jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Bisa dikatakan Sistem Operasi merupakan penghubung atau jembatan antara hardware dengan software.
PERAN SISTEM OPERASI


Membantu pengembangan software


Untuk mengembangkan software atau aplikasi pasti kita memerlukan sebuah text-editor, IDE dan juga compiler. Sistem operasi membantu kita untuk menginstall tools tersebut bahkan tidak jarang sebuah sistem operasi sudah menyediakan aplikasi development yang sudah pre-install.

Eksekusi program, sistem operasi mebantu program/aplikasi/software untuk berjalan.  

Perlu diingat bahwa sistem operasi itu merupakan software yang bertugas mengatur bagaimana program atau aplikasi diatasnya untuk berjalan. Maka tanpa adanya sistem operasi maka program atau aplikasi tidak dapat berjalan.

Akses ke I/O device.

Dengan adanya sistem operasi, teman-teman mempunyai akses untuk menggunakan perangkat I/O seperti printer, monitor dan lain-lain karena sistem operasi merupakan jembatan antara hardware dan software.

Kontrol akses ke file atau data. 

Sistem operasi juga mengatur hak akses user terhadap suatu file. Contohnya windows yang biasanya membatasi kontrol terhadap akses ke (C:/) .  Sedangkan untuk Linux, biasanya user biasa hanya dapat mengakses data yang berada pada direktori /home/nama_user sedangkan untuk akses direktori / hanya diberikan akses read saja. 

 Akses ke sistem. 

Sistem operasi berperan untuk memberikan berbagai akses ke sistem seperti misalnya pada sistem operasi Linux, user biasa tidak memiliki akses sepenuhnya dalam mengontrol komputer layaknya user administrator atau root. 

 Deteksi error dan penanganannya.

Saat kita membuka sebuah file atau program dimana file atau program tersebut error maka sistem operasi akan menampilkan dan mengatasi error tersebut 

Menghitung statistik penggunakan resource komputasi.  

Teman-teman dapat melihat bagaimana penggunaan resource komputasi komputer kalian. Pada windows biasanya menggunakan Task Manager, sedangkan linux dapat menggunakan perintah htop/top pada terminal. 

Penanganan data binari.  

Data binari merupakan data yang dapat berupa gambar, music dan video. Perlu diketahui sebenarnya file-file tersebut hanya berupa data binary yang terdiri dari 1 dan 0. Sistem operasi berperan untuk menjalankan file-file tersebut. 

Penyediaan API 

Sistem operasi juga berperan menyediakan API untuk keperluan development seperti contohnya library C untuk pemrograman C/C++

Tidak ada komentar :

Posting Komentar