Rabu, 21 Februari 2018

Mengenal Process dalam Komputer

  Tidak ada komentar
Nama Mata Kuliah      : Network Operating System
Nama Dosen               : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T
Jurusan                        : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                  : Universitas Udayana
Pertemua                     : 2


Pernahkah teman-teman membuka task-manager di sistem operasi Windows untuk melihat proses atau aplikasi apa saja yang berjalan? Kali kita akan mempelajari apa itu proses, state dari porses itu, PCB dan manajamen proses.

KONSEP DASAR PROSES

Jika melihat dari makna kata “proses” yaitu urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Dalam dunia komputer, Proses adalah Unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi. Proses juga memiliki definisi lain yaitu program yang sedang dalam kondisi dijalankan atau dieksekusi. Perlu diperhatikan bahwa, kode program bukanlah proses. Suatu  proses umumnya  termasuk  process  stack,  berisi data   temporer   (parameter   metoda,   address   yang kembali,  variabel  lokal)  dan  sebuah  data  section,  yang berisikan variabel global.

KONDISI PROSES

Sebuah proses memiliki 5 kondisi dan kondisi tersebut dapat berubah-ubah tergantung kondisi proses tersebut. Kelima kondisi dari proses tersebut adalah sebagai berikut.
New, suatu proses itu baru saja dibuat/dikerjakan 
Running, instruksi pada proses tersebut sedang dilakukan/dikerkan 
Waiting, proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi. 
Ready, suatu proses siap untuk dijalankan pada processor
Terminated, proses telah selesai dikerjakan.

Berikut ini merupakan ilustrasi bagaimana proses berjalannya suatu proses.


Saat proses pertama kali dibuat maka state dari proses itu adalah new, saat proses siap untuk berjalan maka statenya berubah menjadi ready. Proses tersebut kemudian dijalankan oleh prosessor dan state dari proses tersebut berubah menjadi running. Ketika dalam keadaan running, sebuah proses bisa saja menunggu untuk suatu event untuk melanjutkan prosesnya dan state dari proses tersebut menjadi waiting. Saat proses selesai dikerjakan maka state proses tersebut akan berubah menjadi terminated.

PCB (PROCESS CONTROL BLOCK)

PCB berisikan banyak informasi bagian dari informasi yang berhubungan dengan sebuah proses yang spesifik. Informasi yang ditampilkan PCB adalah

  • Status proses, new, wait, running, ready, dan terminated 
  • Program Counter, mengindikasikan address dari perintah selanjutnya untuk dijalankan untuk proses ini. 
  • CPU Register, meliputi accumulator, index register, stack pointer, general-purpose register, code information program counter. Keadaan/status informasi disimpan ketika terjadi gangguan, untuk memungkinkan proses dijalankan kembali dengan benar sehingga ketika suatu komputer tiba-tiba mati maka proses yang sebelumnya bisa dijalankan lagi pada kondisi terakhir. 
  • Informasi pencatatan, meliputi jumlah dari CPU dan waktu riil yang digunakan, batas waktu, jumlah akun, jumlah job atau proses
Informasi status I/O, meliputi daftar dari perangkat I/O yang digunakan pada proses dan meliputi daftar berkas yang dibuka. PCB diilustrasikan sebagai berikut.


MANAJEMEN PROSES

Sistem   operasi   di   dalam   menangani   proses, dapat    melakukan    manajemen    proses,    manajemen proses tersebut antara lain.

  • Penciptaan proses 
  • Penghancuran/terminasi proses 
  • Penundaan proses. 
  • Melanjutkan kembali proses. 
  • Mengubah prioritas proses. 
  • Memblok proses. 
  • Membangunkan proses. 
  • Menjadwalkan proses. 
  • Memungkinkan proses berkomunikasi dengan proses lain

Tidak ada komentar :

Posting Komentar