Sabtu, 05 November 2016

Aplikasi-Aplikasi yang Ada di Linux Ubuntu

  Tidak ada komentar
Sudah tidak diragukan lagi bahwa Linux merupakan Sistem Operasi (OS) Open Source yang paling populer di dunia. Karena kestabilan dan kecepatannya, banyak sekali developer-developer yang mengembangkan OS ini sehingga banyak bermunculan Distro-Distro baru yang diantara yang paling terkenal Debian, Ubuntu, OpenSuse dan lain-lain.


Aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Linux pun tak kalah dari Aplikasi Windows atau Mac OS. Maka kali ini, saya akan memberitahu beberapa aplikasi-aplikasi yang ada pada OS Linux.

Perkantoran

Nama : Libre Office
Kategori : Perkantoran
Fungsi : Memudahkan pegawai/karyawan perkantoran dalam melakukan perkerjaannya

Kalo di Windows dan Mac OS mempunyai Aplikasi Kantor yang berbayar bernama Mircrosoft Office, maka di Linux ada yang bernama Libre Offiice. Aplikasi-aplikasi LibreOffice ini open source dan similar tampilannya dengan Micorsoft Office.

Berikut aplikasi-aplikasi LibreOffice.

Libre Writer : aplikasi pengolah kata (alternative dari Microsoft Word)



Libre Calc : aplikasi pengolah data/angka (alternative dari Microsoft Exceel)



Libre Impress : aplikasi pengolah slide/presentasi (alternative dari Microsoft PowerPoint)


Libre Draw : aplikasi pengolah gambar


Libre Math : aplikasi pengoperasian matematika



Desain Grafis

Nama : Gimp Image Editor
Kategori : Pengolah Gambar
Fungsi : Mengolah dan mengedit gambar maupun desain grafis

Gimp merupakan aplikasi pengolah gambar yang merupakan alternative sekaligus pesaing dati Adobe Photoshop dan kelebihan dari aplikasi ini yaitu lebih ringan dan gratis



WEB

Nama : Firefox Web Browser
Kategori : Browser
Fungsi : Untuk surfing di internet, membantu web desaining dan developing

Kita tentu sudah kenal baik sekali dengan aplikasi yang satu ini. Firefox memang merupakan salah satu web browser terpopuler di dunia dan merupakan web browser default dari kebanyakan Distro-distro Linux.



Pemrograman

Nama : Eclipse
Kategori : IDE
Fungsi : Memudahkan programmer/developer dalam kegiatan programming dan developing

Eclipse merupakan salah satu IDE terpopuler di dunia karena memiliki tool-tool yang sangat lengkap dan mensuport banyak bahasa pemrograman seperti Java, C++, PHP dan lain-lain.



Pendidikan

Nama : Tux Math
Kategori : Permainan
Fungsi : Membantu anak-anak dalam belajar matematika dasar

Game yang sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang masih belajar matematika. Game ini mengambil tema luar angkasa dimana maskot dari Linux yaitu Pinguin Tux menjadi karakter utama di game ini.



Jaringan

Nama : ping
Fungsi : Digunakan para teknisi jaringan untuk menganalisa koneksi antara suatu komputer dengan komputer lain, baik yang berada dalam satu jaringan ataupun di luar jaringan.



Nama : traceoute
Fungsi : Menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan



Nama : Wireshark
Fungsi : Mngamati data dari jaringan yg sedang beroperasi atau dari data yg ada di disk, dan langsung melihat / mensortir data yg tertangkap, mulai dari informasi singkat dan rincian bagi masing-masing paket termasuk juga full header & porsi data, sanggup diperoleh.




Demikian beberapa dari aplikasi yang berjalan di OS Linux, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar