Senin, 25 Maret 2019

ICN : Information Centric Network

  Tidak ada komentar
Nama                    : I Wayan Gus Arisna
NIM                      : 1605551032
Prodi                     : Teknologi Informasi
Fakultas                : Teknik
Universitas           : Udayana
Mata Kuliah         : Network Centric Principle
Dosen Pengampu : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT



PENGERTIAN ICN

ICN atau Information Centric Principle merupakan suatu pendekatan dalam mengembangkan infrastruktur internet dari paradigma host-centric berdasarkan konektivitas abadi dan prinsip end-to-end, menjadi arsitektur jaringan yang berfokus pada informasi atau konten atau data. Konsep ICN fokus terhadap informasi itu sendiri, bukan lokasi penyimpanan informasi tersebut maupun representasi fisiknya. Konsep ini lebih lanjut disebut dengan Information Object (IO), yang mana setiap IO memiliki beberapa representasi berbeda dan kemudian akan muncul beberapa salinan yang berbeda dari setiap representasi tersebut untuk disimpan pada server, client node, atau cache. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa sebuah IO mengacu pada kelompok dari semua representasi dan salinan dari informasi yang sama.


Gambar diatas merupakan contoh penggambaran dalam suatu sistem yang terpercaya dan tidak terpercaya. Apabila seorang penguna menginginkan suatu informasi dalam suatu jaringan internet, seharusnya pengguna mendapatkan informasi ataupun konten yang diinginkannya dari penyedia layanan yang terpercaya. Maka dari itu Internet service provider, koneksi internet, keamanan jaringan serta penamaan seperti DNS harus terpercaya agar pengguna mendapatkan semua kenyamaan, keamanan dan privasi dalam mengakses informasi di suatu jaringan internet.

Demi mewujudkan kenyamanan tersebut, ICN harus berjalan sesuai dengan kinerjanya. Misalnya memastikan semua node di dalam network atau jaringan memiliki keamanan dan otentikasi (server, client, node), penyedia layanan dan konten, data dan informasi yang terpercaya, serta topologi jaringan yang baik.


SUMBER

[1] I Putu Agus Eka Pratama. "netcentricprinciple6". 2019.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar