Sabtu, 24 September 2016

3 Bahasa Pemograman yang Cocok Untuk Pemula

  Tidak ada komentar


 
Sumber : tribeinsider.com

Di Postingan saya sebelumnya, saya mengatakan bahwa jika anda ingin belajar programming maka memilih bahasa pemrograman adalah hal yang sangat penting. Namun perlu diperhatikan karena tidak semua bahasa pemorgraman itu tidak cocok untuk pemula.

Bahasa pemrograman yang cocok untuk seorang pemula itu harus memiliki sintak yang sederhana dan tidak membingungkan serta lebih memfokuskan ke algoritmanya sehingga para pemula tidak kebingungan akibat terlalu fokus untuk menghafal sintak.

Tidak dianjurkan bagi seroang pemula untuk memilih bahasa yang sangat rumit seperti C++ atau Asembly karena itu hanya akan membingungkan pemula.
Oleh karena itu, disini saya akan memberikan saran tentang bahasa pemrograma yang menurut saya cocok untuk seseorang yang baru dalam belajar programming.

Python
Sumber : lifehacker.com
Bahasa pemrograman ini benar-benar menjadi rekomendasi saya untuk anda yang baru mengenal yang namanya programming. Kenapa Python sangat cocok untuk pemula menurut saya karena sintak-sintaknya yang sangat sederhana, penulisan baris yang rapi, tidak butuh decompile sebelum menjalankan. Sehingga anda yang sebagai seorang pemula dapat lebih berfokus untuk memikirkan algoritma programmnya.
Contoh penulisan script di Python:

print “Hello World”

Kode diatas digunakan untuk mencetak kalimat ‘Hello World’ ke layar. Mudah kan? 


Ruby
Sumber : www.sitepoint.com
Bahasa ini juga merupakan bahsa yang cocok untuk pemula karena hampir mirip dengan Python seperti sintak yang sederhana, tidak perlu decompile dan penulisan script yang rapi.
Contoh penulisan script di Ruby:

puts(“Hello World”)

Sederhana seperti python kan?


C
Sumber : www.circuitbasics.com
C dapat dibilang sebagai ibunya bahasa pemorgraman karena hampir semua bahasa pemrograman itu merupakan turunan dari bahasa ini. Bahasa pemrograman yang saya bahas sebelumnya merupakan bahasa yang cocok untuk yang sekedar ingin belajar programming. Namun untuk Anda yang benar-benar ingin mendalami dunia programming, maka bahasa C benar-benar saya rekomendasikan. Walaupun sintaknya tidak sederhana Python atau Ruby, bahasa C akan memperkenalkan kepada Anda basic-basic core yang harus dimiliki seorang programmer seperti tipe data, pointer, char dan lain-lain.
Contoh penulisan script di C:

#include <stdio.h>

void main(){
            printf(“Hello World”);
}

Bagaimana, sedikit lebih rumit bukan?

Demikian 3 bahasa pemrograman yang saya rekomendasikan untuk anda yang baru mengenal bahasa pemorgraman. Anda tidak perlu harus memilih 1 dari 3 bahasa diatas karena sudah merupakan kebebasan anda untuk memilih bahasa pemrograman apapun.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar